Jumat, 08 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 SEKOLAH :
 MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
 KELAS : X
 SEMESTER : 1
 A. STANDAR KOMPETENSI :
 Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung B. KOMPETENSI DASAR :
 1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
 C. MATERI PEMBELAJARAN : Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita) • unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat) • unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
 D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
no.indikator pencapaian kompetensinilai budaya dan karakter bangsa kewirausahanekonomi kreatif
1.menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,dll)
  • bersahabat/komunikatif
  •  tanggung jawab
  • kepemimpinan
2.menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman

3.menyampaikan unsur-unsur instrinsik (tema, penokohan,konflik, amanat, dll)

4.menanggapi (setuju atau tidak setuju)unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman

  F. METODE PEMBELAJARAN :
 - Penugasan - Diskusi - Tanya Jawab - Unjuk kerja - Ceramah - Demonstrasi

 G. Strategi Pembelajaran
tatap mukaterstrukturmandiri
  • memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung / tidak langsung.
  •  menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,dll).
  • mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung. 
  • menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman
  • siswa dapat menyampaikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, konflik, amanat, dll. siswa 
  • menyimpulkan tentang ajaran atau cerita yang disampaikan secara / tidak langsung
  H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
nokegiatan belajarnilai budaya dan karakter bangsa
1kegiatan awal
  •  guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
bersahabat/komunikatif
2.kegiatan inti
 ? eksplorasi
 Dalam kegiatan eksplorasi :
 ? Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*
 ? Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik
 ? Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
? Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, ? ceritakan yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
 ? Diskusi dan tanya jawab
 ? Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
 Siswa:
? Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
 ? Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
tanggung jawab
3.kegiatan akhir
 - Refleksi
 - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
 I. ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit

 J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
 Buku cerita/kaset

 LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus. Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.

 K. PENILAIAN :
 Jenis Tagihan: Tugas individu Ulangan Bentuk Instrumen: Uraian bebas Pilihan ganda Jawaban singkat

 Mengetahui,              2011 Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran





  NIP.                                                                                                                       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar